Rabu, 24 Juli 2013

atasi tekanan darah tinggi dengan melakukan yoga



Tekanan darah tinggi atau hipertensi telah menjadi penyakit yang umum bagi banyak orang saat ini, apalagi bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, dan juga gagal ginjal. Dan akibat terburuk dari penyakit ini adalah kematian. Karena itu, jika bisa, penyakit ini harus dicegah. Jika Anda memiliki tekanan darah yang tinggi, Anda dapat mengendalikan penyakit ini. Bagaimana cara mencegah dan mengendalikan darah tinggi atau hipertensi?  Ada beberapa latihan Yoga yang bisa mengatasi masalah ini. 

Coba lakukan latihan di bawah ini:

Lakukan asana : Ananda Madirasana dan Savasana.
Ananda Madirasana, lakukan dengan cara bersimpuh, dan tangan disilangkan di depan dada  dengan telapak tangan masuk keduanya ke ketiak dan jepit dengan rilek,  badan di rilekan dan nafas di lembutkan , rasakan nafas masuk ke perut dan selalu keluarkan di kepala secara lembut dan pelan, lakukan berulang –ulang selama lima menit. Selanjutnya lakukan Savasana, yaitu sikap tidur terlentang, dengan rilek, rasakan aliran nafas masuk ke kepala dan keluarnya nafas rasakan mengalir ke setiap pembuluh darah. Lakukan selama lima menit secara berulang –ulang lembut dan dalam.
Lakukan Pranayama Nadhi sodhana, dan Sitkari .
Nadhi sodhana lakukan , dengan menarik bergantian, nafas dengan satu lubang hidung, keluarnya nafas arahkan ke kepala, lakukan penutupan lubang hidung silih berganti. Lakukan setiap satu lubang hidung minimal 7 kali putaran.  Pranayama Sitkari, lakukan dengan melipat lidah ke atas menyentuh langit-langit. Bibir sedikit di buka, dan lakukan penarikan nafas, melalui mulut dan masuk melalui sela-sela gigi, tahan nafas semampunya, dan keluarkan lembut melalui lubang hidung. Lakukan berulang –ulang selama lima menit.
Lakukan Meditasi sebagai akhir latihan , dengan selalu terasa melepas energy  negative diri , keluar dari tubuh ke alam. Lakukan meditasi selama lima menit dengan suasana hati tersenyum.
Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar